Hanya di Tamilow, Gua yang Mempunyai Stalaktit Terbanyak di Dunia – FAJAR Malteng
Pariwisata

Hanya di Tamilow, Gua yang Mempunyai Stalaktit Terbanyak di Dunia

FAJAR MALTENG – Gua Akohi, adalah gua horisontal terletak di Desa Tamilow Kabupaten Maluku Tengah. Gua tersebut oleh para peniliti,  merupakan Gowa yang mempunyai stalaktit, dan stalakmit terbanyak nomor dua di dunia.

Sebelumnya Pada tahun 1998, para peniliti dari Korea, China, Amerika, Australia dan Inggris, telah mengunjungi Gua Akohi untuk penilitian.

fajar-malteng-apps-android

 

gua-tamilow

Jalan menuju Gua di Tamilow.

Gua Akohi, pertama kali ditemukan pada tahun 1983, pada saat proses penggusuran untuk pembangunan jalan, yang dilakukan Pemerintah Maluku Tengah. Maka tak heran jika mulut Gua Akohi berhadapan langsung dengan Jalan lintas Pulau Seram. Dan selanjutnya pada tahun 2001, dibangunlah pintu masuk pada mulut gua tersebut.

 

Foto Ilustrasi. Stalaktit di dalam gua.

Foto Ilustrasi. Stalaktit di dalam salah satu gua.

Nama  Akohi diberikan langsung oleh masyarakat Tamilow secara spontan, karena gua tersebut terdapat di wilaya kekuasaan marga Akohilo. Gua Akohi hanya mempunyai satu jalur pintu masuk.

Sebelum masuk ke dalam gua kita akan melewati beberapa anak tangga turun untuk menuju ruang lobi yang cukup luas. Dari dalam ruang lobi yang luas ini, kita akan disajika dua pilihan jalur untuk menjelajahinya, yaitu Jalur Advencer, dan Pricer.

gua-tamiloww

Tempat bersantai di samping Gua Akohi.

Jalur Advencer adalah jalur yang paling disukai oleh para pecinta alam atau para penjelah. Karena jalur tersebut mempunyai tantangan. Sedangkan jalur pricer, tidak begitu menantang dan agak santai, maka jalur ini khusus untuk wisatawan yang sekedar datang unutk berkunjung.

Setelah kita menuju jalur Pricer, kita akan berhadapan dengan kilaunya  stalakmit dan stalaktit dengan beragam bentuk. Untuk diketahui, Pertumbuhan Stalakmik dan stalaktit  dalam sebuah gua, tergantung kadar asam di dalam kapur pada dinding gua tersebut.

Untuk gua Akohi menurut para peniliti, memiliki tingkat keasaman cukup tinggi, sehingga dalam jangka 6 bulan stalakmit dan stalaktit telah tumbuh sebesar 1 cm. waktu tersebut merupakan waktu yang sangat cepat, dibandingkan dengan gua yang lain.

 

gua-tamilowe

Pintu Masuk Gua Akohi.

Dari kedalaman 80 meter pada jalur pricer, kita akan bertemu dengan salah satu tempat yang disebut dengan Fiil, area tersebut sering tergenang air jika musim hujan.

Setelah sampai pada kedalaman 183 meter dari mulut gua, maka jalur pricer akan sedikit menantang, sehingga dibutuhkan perlengkapan seperti helem, alat pernapasan, dan lainnya. Sehingga para pengunjung biasa yang tidak membawah perlengkapan terpaksa harus sampai pada areal ini dan kembali ke mulut gua.

Namun bagi anda yang ingin melewati jalur penantang, maka di haruskan memakai perlengapan, seperti sepatu khusus, helem, tali, celana karet, dan headlights. (fajar/dal)

Komentar

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top