Apa Itu Batu Ginjal dan Bagaimana Mencegahnya – FAJAR Malteng
Kesehatan

Apa Itu Batu Ginjal dan Bagaimana Mencegahnya

FAJAR HEALTH – Batu ginjal atau yang juga dikenal dengan nama batu renal atau nephrolithiasis, terdiri dari limbah solid yang menumpuk di dalam ginjal dan membentuk kristal.

Sekitar 80 persen dari batu ginjal terbentuk dari batu kalsium oxalat, dan sisanya adalah struvite, asam lambung dan cysteine.

fajar-malteng-apps-android

Jika batu ginjal berukuran kecil umumnya tidak menyebabkan masalah, batu ginjal yang berukuran besar kerap menyebabkan penyumbatan pada sistem urinasi yang juga bertanggungjawab atas rasa sakit, muntah-muntah dan pendarahan.

Dilansir Authority Nutrition, batu ginjal sebenarnya adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi. Di Amerika Serikat sendiri, 12 persen dari pria dan 5 persen dari wanitanya diperkirakan akan mengalaminya.

Terlebih lagi, beberapa studi menyebutkan bahwa mereka yang pernah terkena batu ginjal, 50 persen kemungkinan akan kembali mengalaminya dalam kurum waktu 5 hingga 10 mendatang.

Untuk mencegah resiko di atas, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan:

1. Banyak minum air putih
2. Tingkatkan konsumsi asam sitrus dari buah seperti lemon dan jeruk nipis
3. Batasi makanan dengan kadar oxalat tinggi seperti bayam, kentang goreng atau chips, kacang atau selai kacang.
4. Hindari mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi
5. Konsumsi kalsium yang cukup dari susu segar atau beberapa jenis keju
6. Kurangi makan yang asin-asin
7. Tingakatkan asupan magnesium yang bisa anda dapatkan dari alpukat, legume dan tahu.
8. Batasi konsumsi protein hewani seperti daging sapi, ikan dan susu hasil ternak

Adapun cara lain yang bisa anda tempuh untuk terhindar dari batu ginjal dan fungsi ginjal itu sendiri adalah dengan mengkonsumsi ramuan yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Berikut beberapa seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Jus Semangka
Siapkan potongan semangka setara dengan dua cangkir teh dan kupas satu buah jeruk limun, blender hingga rata dan minum selagi segar. Kandungan air semangka diketahui kaya akan potasium yang efektif dalam melarutkan batu ginjal berukuran kecil.

2. Jus 3 in 1
Jus yang satu ini menggunakan tiga bahan antara lain setengah potongan buah bit, satu potong timun dan 3 buah wortel segar. Bit selain berguna untuk melenyapkan toksin, juga baik dalam meregenerasi sel darah merah. Sementara wortel dan timun berfungsi dalam membantu ginjal dalam mengeluarkan asam uric yang bertanggungjawab atas pembentukan batu ginjal.

3. Jus Lobak Delight
Jika anda mempunyai masalah dengan batu ginjal maka ini jus yang cocok untuk anda. Blend satu cangkir potongan lobal, 1 cangkir kubis, satu batang seledri dan satu potong apel dengan blender.

Lobak tidak hanya baik untuk ginjal namun juga berkhasiat menyehatkan liver dan kandung empedu. Campuran ketiganya berkhasiat memerangi inflamasi atau peradangan sekaligus anti fungal dan menyembuhkan infeksi.

4. Jus cuka apel
Blend seperempat cangkir jus cranberry murni dan dua sendok teh cuka apel, air secukupnya dan sedikit madu. Disaat cranberry berfungsi menyingkirkan bakteri dan toksin dalam ginjal, seperti halnya timun dan wortel, cuka apel berfungsi mengalangi pembentukan batu ginjal.

(Fajar)

Lanjut Fajar Health

Komentar

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top