Intip Keindahan Pantai Kaca Desa Haya di Kala Air Surut – FAJAR Malteng
Pariwisata

Intip Keindahan Pantai Kaca Desa Haya di Kala Air Surut

Foto: Aldien Namakule

FAJAR MALTENG, TEHORU- Maluku Tengah khususnya pesisir Selatan Pulau Seram, tak kunjung habis jika berbicara soal objek wisata alam maupun wisata bahari yang belum dieksplorasi.

Sebut saja Pantai Kaca Ninita, Salah satu wisata bahari yang perlu dilestarikan.

fajar-malteng-apps-android

Terletak di sebalah Barat Negeri Haya Kecamatan Tehoru, pantai ini mempunyai keindahan yang unik ketika air surut.

Pasalnya, pasir halus yang masih basah oleh surutnya air laut, akan memantulkan bayangan layaknya cermin atau kaca meskipun terkena sinar matahari.

Maka tak heran jika penamaan pantai ini  diberikan secara spontan oleh masyarakat setempat dengan sebutan Pantai Kaca Ninita.

Tak hanya itu, Pantai ini juga akan memberikan sentuhan alami dengan kesejukan pepohonannya yang rimbun.

Kita juga akan disugukan dengan beberapa terumbuh karang raksasa yang muncul di permukaan air laut seolah ingin menunjukan kekayaan yang tersimpan di dasar lautnya.

Ya, Pantai Kaca kini telah masuk dalam Potensi Wisata Bahari oleh Dinas Pariwisata Maluku Tengah. Hal ini karena kemegahan terumbuh karang dan beragam biota laut yang tersimpan di dasar laut pantai ini.

Jika suasana senja, di pantai ini kita akan disuguhkan oleh sunset nun elok yang berlahan tenggelam melewati tangga ufuk.

Foto: Aldien Namakule

“Harapan kami untuk para Nelayan, khususnya Negeri Haya, agar tidak menangkap ikan dengan Bom karena itu berdampak  besar kepada biota laut” ujar Aktivis Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Haya (IPPMH), Fahril Ahmad Louhattu.

Diketahui, Laut di Negeri Haya Kecamatan Tehoru,  kaya akan terumbu karang yang tersimpan keberagamang biota laut yang perlu dilestarikan sebagai Wisata Bahari. Karena laut ini berhadapan langsung dengan Laut Banda yang terkenal dengan kedalamannya.

Dilansir dari Potensi Kapte Seram, Laut di Negeri Haya terdapat mulut Goa Laut yang juga masuk dalam potensi Wisata Bahari di Pulau Seram. Namun hingga kini belum ada kebenaran pasti yang mendeteksi letak Mulut Goa Raksasa tersebut. (dal/FM)

Komentar

comments

Click to comment
To Top