6 Cara Mengatasi Stress yang Tidak Pernah Terpikirkan oleh Anda – FAJAR Malteng
Kesehatan

6 Cara Mengatasi Stress yang Tidak Pernah Terpikirkan oleh Anda

FAJAR HEALTH – Berdasarkan statistik yang dirilis American Psychological Association’s, 77 persen warga Amerika mengalami beberapa gejala fisik yang disebabkan oleh stress.

Adapun beberapa gejala yang dimaksud adalah seperti kelelahan, sakit kepala, gangguan pencernaan, otot kejang, perubahan nafsu makan, menggertakan giginya serta menurunnya gairah s*ksual.

fajar-malteng-apps-android

Sementara 73 persen lainnya melaporkan gejala seperti mudah marah, gelisah dan kekurangan energi kerap mendera mereka.

Stress dapat dipicu oleh banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, masalah rumah tangga, kelelahan dan masih banyak lagi. Untungnya stress bukanlah tanpa solusi. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meredakannya.

Beberapa cara ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda sebelumnya. Berikut seperti diambil dari prevention:

1. Melihat warna yang terang
Melihat warna terang selama beberapa menit, kata terapis fisik Scott Adam Weiss, DPT, CSCS, dapat memberikan dampak positif terhapap kemistri tubuh dan meredakan stress.

2. Keluar rumah
Keluar rumah untuk udara segar juga dapat memberikan manfaat relaksasi dan mengurangi stress, kata Weiss. Makan siang di luar atau jogging adalah pilihan yang tepat. Yang anda butuhkan adalah beberapa menit waktu anda untuk beraktifitas di luar.

3. Menghabiskan waktu dengan peliharaan
Ini adalah salah satu relaksasi dan terapi yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Tidak hanya membuat anda tersenyum, bermain dengan peliharaan dapat mendorong produksi hormon oksitoksin yang dapat membantu anda mengontrol tekanan darah.

4. Peluk seseorang
Menurut studi yang dilakukan peneliti dari University of North Carolina, mereka yang berpegangan tangan selama 10 menit diikuti dengan pelukan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lain kali anda stress, coba cara yang satu ini.

5. Duduk di kursi goyang
Menurut studi yang dilakukan oleh University of Rochester, gerakan kecil yang anda lakukan saat duduk di kursi goyang dapat membantu pelepasan hormon endofin yang biak untuk mendorong mood sekaligus mengurangi rasa sakit.

6. Duduk yang tegak
Berdasarkan studi yang ditunjukan Applachian State University, mereka yang memiliki postur tubuh lebih baik, salah satunya berkat latihan pilate, diketahui mampu mendorong rasa percaya diri dan relaksasi.

(Fajar)

Lanjut Fajar Health

Komentar

comments

Click to comment
To Top