Polling Ditutup, TULUS Menang 85 Persen – Fajar Malteng
News

Polling Ditutup, TULUS Menang 85 Persen

FAJAR MALTENG, JAKARTA-Polling yang digelar FAJAR Malteng untuk meramaikan Pemilukada di Kabupaten Maluku Tengah, telah ditutup jelang memasuki minggu tenang.

Pasangan Tuasikal Abua-Marlatu Leleury atau TULUS, menang 85 persen. Anda bisa melihat kemenangan TULUS pada screenshoot di bawah ini. Atau di halaman home FAJAR Malteng secara live.

fajar-malteng-apps-android

Hasil polling yang digelar FAJAR Malteng, berbeda tipis dengan hasil survei Index. Saat Index merilis hasil surveinya yang menempatkan TULUS menang 77 persen, saat itu di Polling FaJAR Malteng TULUS menang 73 persen.

Dan persentase kemenangan kian bertambah seiring blusukan yang dilakukan TULUS, dengan cara mengunjungi hampir seluruh masyarakat Malteng dari rumah ke rumah.

Sedikit mereview Index Indonesia, menempatkan pasangan Tulus, jika pilkada digelar bulan Januari pasangan tersebut menang telak 77,8% sedangkan kotak kosong hanya 11,4 %.

Sementara pemilih yang masih merahasiakan pilihannya hanya 6,2% dan yang belum tentukan pilihannya 4,2%. Index Indonesia merilis data ini 20 Januari 2017.

Menurut Index, Peluang kemenangan yang tinggi dari pasangan TULUS konsisten dengan indikator elektoral lainnya seperti popularitas dan akseptabilitasnya.

Sebagai calon bupati, nilai popularitas Tuasikal Abua mencapai lebih dari 97% dan nilai akseptabilitasnya mendekati 90%. Ini mengisyaratkan bahwa Tuasikal Abua diterima baik dan disukai oleh masyarakat Maluku Tengah sehingga cukup pantas mendapat nilai elektabilitas mencapai 77,8%.

Faktor lain yang mendukung mengapa nilai elektabilitas pasangan ini cukup tinggi karena kepuasan publik atas kinerja duet Tuasikal Abua Marlatu Leleury.

Saat menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah, kepuasan masyarakat Malteng terhadap kinerja Bupati mencapai 72,2%.

Dengan kepuasan ini mayoritas masyarakat mengingunkan Tuasikal Abua Marlatu Leleury untuk kembali memenduduki pucuk pimpinan Maluku Tengah lima Tahun kedepan.

Pengumpulan data survei dilaksanakan dalam rentang waktu 8 – 16 Januari 2017. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 500 yang dipilih sepenuhnya secara acak dengan metode multistage random sampling.

Margin of error dalam survei ini adalah + 4,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner sistematis dan terstruktur (structured face to face interview). (fajar)

Komentar

comments

Click to comment
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!