TOP! 300 Unit Rumah Tidak Layak Huni akan Direhab Pemkab Malteng – FAJAR Malteng
News

TOP! 300 Unit Rumah Tidak Layak Huni akan Direhab Pemkab Malteng

Laporan Kayum Ely/Fajar Malteng

FAJAR MALTENG, MASOHI– Sebanyak Rp 4 miIiar lebih dari APBD 2017 Maluku Tengah akan direalisasikan sebagai program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dan ada 300 unit rumah yang ditargetkan akan dilakukan peningkatan pada tahun ini.

“Ia kita tahun ini akan melakukan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 300 unit, dengan total anggaran Rp 4 miliar lebih dan ini merupakan sumber dana APBD Malteng 2017,” papar Agam Pellu, Plt Kepala Dinasa Perumahan dan Permukiman Malteng, di ruang kerjanya, Rabu, (19/04).

fajar-malteng-apps-android

Pellu memaparkan, setiap unit rumah akan digelontorkan Rp 15 juta dengan ukuran maksimal 7×6 meter persegi pada proses realisasi untuk pembelian bahan tidak akan memakai pihak ketiga.

“Kalau kita bagi dari Rp 4 miliar dengan 300 unit rumah yang akan direhab, berarti per unit Rp 15 juta, dengan ukuran 6×7 meter, dan saat ini fasilitator kita sedang melakukan identifikasi,” jelasnya.

Sementara untuk kriteria rumah apa saja yang menjadi pilihan program tersebut, ia mengatakan kriteria rumah yang akan direhab memakai metode ALADIN dan tentunya tanahnya sudah bersetifikat kalau tidak ada sertifikat kata Pellu, minimal ada keterangan Pemerintah Negeri setempat.

“Rumah yang jadi kriteria peningkatan kualitas harus berlandas metode ALADIN (Atap Lantai dinding) atap yang dimaksud adalah rumah yang beratap rumbia atau atap dari pelepah sagu atau sejenisnya. Sementara dinding yang dimaksud dinding yang terbuat dari papan atau non beton. Dan lantai itu lantai tidak bersemen atau lantai tanah. Kriteria ini yang akan masuk untuk direhab, dan tanah yang ditempati pemilik harus bersetifikat dan kalau belum ada bisa dipakai keterangan kepala pemerintah setempat,” lugasnya.

Tidak hanya 300 unit rumah yang akan direhab, menurut Pellu, Malteng direncanakan akan mendapat kesempatan mendapat 500 unit rumah program-program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dari sumber dana APBN langsung.

“Kita juga rencananya akan mendapat jatah 500 unit rumah, program peningkatan kualitas Rumah tidak layak huni. rencana Tahun ini tapi sampai sekarang belum ada kejelasan” tutupnya. (Kayum/FM)

Komentar

comments

Click to comment
To Top