Broker Asal Rusia Jejaki Potensi Pariwisata Malteng – Fajar Malteng
Pariwisata

Broker Asal Rusia Jejaki Potensi Pariwisata Malteng

Laporan Kayum Ely

FAJAR MALTENG, MASOHI–Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Malteng, Salim Sulaiman membenarkan adanya pertemuan antara broker Rusia dengan pemda Malteng terkait dengan potensi pariwisata Malteng.

Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Malteng, Salim Sulaiman. Foto: Fajar Malteng

“Ia ada pertemuan antara para broker asal Rusia dengan pak Wakil Bupati, serta kami dari pariwisata beberapa waktu lalu, mereka menjejaki potensi wisata di Malteng dalam rangka investasi, mereka sangat tertarik, apalagi potensi wisata bahari,” akui Sulaiman di ruang kerjanya, Sabtu (13/05).

fajar-malteng-apps-android

Dikatakan para broker atau agen investasi dalam pertemuan tersebut meminta data dukungan potensi pariwisata Malteng.

“Itulah sebabnya kita diminta persiapkan dan masukan data pendukung tentang pariwisata di sini. baik itu jumlah kungjungan wisata, lalu masalah aksesibilitas menuju objek-objek wisata, lalu status tanah bermasalah atau tidak semua itu mereka inginkan kalau sesuai dengan apa yang mereka inginkan mereka bisa menjembatani pengembangan investasi di bidang pariwisata,” Tandasnya.

Meski begitu, Salim mengakui kepemilikan tanah masih menjadi masalah klasik untuk diselesaikan dalam rangka pengembangan pariwisata. Padahal baginya, potensi pariwisata dapat membantu Pemda dan masyarakat, olehnya itu selain pengembangan infrastruktur pariwisata, pihaknya akan fokus mengembangkan pemahaman masyarakat agar lebih paham tentang dampak pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata

“Kelihatan saat ini di Malteng ada masalah klasik di samping keterbatasan anggaran, soal lokasih-lokasih juga adakalnya dia berbenturan dengan pemilik tanah yang bisa menimbulkan konflik. Padahal kalau mau dikerjasamakan seperti tempat wisata di jawa, ada kerja sama yang saling menguntungkan bagi masyarakat di sekitar kawasan wisata. Kita berharap ada persamaan persepsi dari masyarakat di disetiap kawasan wisata agar bisa menerima pengembangan pariwisata, namun tentunya kerja sama tadi saling menguntungkan.” Tukasnya.

“Pemerintah sangat konsen terkait hal ini, masyarakat diberdayakan. Intinya kita sedang benahi SDM Masyarakat tentang pariwisata, untuk daya saing kita belum ke sana karena daya saing wisata tidak akan terwujud manakala masyarakat setempat memiliki SDM rendah.” Tandas Sulaiman.

Intinya kata sulaiman, dengan adanya broker yang sementara meninjau pontensi wisata, bagi pemda pertemuan tersebut hanya baru sebatas penjejakan munuju investasi pada sektor pariwisata.

“Intinya pertemuan kemarin pembicaraanya hanya pada konteks penjejakan potensi wisata untuk bisa mengarah pada investasi di bidang tersebut.” Tutupnya. (kym/fm).

Komentar

comments

Click to comment
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!