Hari Pattimura ke 200, Junjung Semangat Nasionalis – FAJAR Malteng
News

Hari Pattimura ke 200, Junjung Semangat Nasionalis

Laporan Tabran Rumoni

FAJAR MALTENG, SAPARUA– Peringati Hari ulang tahun (HUT) Pahlawan Nasional Pattimura ke 200 dipustakan di Lapangan Merdeka Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pada Senin, (15/5/17).

Gubernur Maluku Ir Sait Assagaf bertindak sebagai inspektur upacara dan Letkol Pnb Pedro Siegers sebagai Kapitan upacara.

fajar-malteng-apps-android

Assagaf dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya momentum perayaan yang ke-200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura ini diharapkan bisa menjadi awal pijakan bagi seluruh rakyat Maluku untuk berperan serta dalam geliat pembangunan Nasional untuk sama-sama membangun NKRI.

“Marilah kita bersama-sama tetap mengenang semangat juang anak-anak Maluku melawan para penjajah, bersamaan dengan HUT Kodam XVI/Pattimura agar kedepannya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dapat meneruskan semangat juang untuk melayani lapisan masyarakat.” katanya.

Selain itu dengan HUT yang ke dua Abad Kapitan Pattimura ini, telah diresmikan tuguh Pahlawan Pattimura yang posisinya saat ini berhadpan langsung dengan Benteng Dhustede, di Lapangan Merdeka Saparua.

Terkait dengan diresminya tuguh tersebut, Raja Saparua Jhon Titaley mengharapkan, semoga dengan adanya Patung Pattimura di Saparua dapat menumbuhkan rasa cinta anak-anak Maluku terhadap para pahlawan yang telah mengawali perjuangan melawan ketidakadilan di bumi Maluku.

” Agar selalu bersatu, serta tidak memecah belahkan NKRI karena mengingat jasa para pahlawan kita telah berjuang keras mengusir para penjaja,” ujar Titaley kepada Fajar Malteng.

Kegiatan tersebut terpantau juga dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjend TNI Doni Munardo, Bupati Maluku Tengah Abua Tiasikal, serta Wakil Bupati Marlatu Leleury, dan juga para Kepala SKPD Provinsi Maluku, dan Kabupaten Maluku. (tab/ Fm).

Komentar

comments

Click to comment
To Top