Bangunan SD Negeri 1 Ouw Rusak, Perlu Perhatian Pemerintah Malteng – FAJAR Malteng
News

Bangunan SD Negeri 1 Ouw Rusak, Perlu Perhatian Pemerintah Malteng

Laporan Tabran Rumonin

FAJAR MALTENG, SAPARUA-Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Ouw Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), kini tidak layak untuk dipertahankan dalam proses belajar mengajar karena sudah rapuh akibat termakan usia.

Gedung SD tersebut dibangun secara swadaya oleh masyarakat Negeri Ouw sejak tahun 1967 silam. Pembangunan sekolah itu dengan menggunakan sisa kayu pembangunan Gedung Gereja Negeri Ouw, dengan dinding yang terbuat dari bahan batu kapur yang dibuat sendiri oleh masyarakat setempat.

fajar-malteng-apps-android

Sejak pembangunan gedung SD tahun 1967 silam, hingga kini belum ada perhatian dari Pemerintah Pusat, Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah terhadap kondisi bangunan sekolah tersebut.

Pemerhati pendidikan di Negeri Ouw, Christian Sapteno mengatakan, sejak tahun 1967 sekolah tersebut dibangun hingga kini baru direhap oleh Pemda Malteng tahun 2010 lalu.

“Karena tidak ada lagi perhatian dari Pemerintah sehingga kami masyarakat maupun orang tua murid secara swadaya memperbaiki bangunan sekolah tersebut seperti perbaikan dinding, jendela, pintu dan beberapa atap senk yang sudah rusak serta membuat mobiler sederhana,” tutur Sapteno, Jumat (19/5/2017).

Walaupun demikian, gedung sekolah tersebut tidak bisa bertahan lama karena tiang maupun dinding bangunan sudah termakan usia, sehingga kemungkinan besar sekolah ini hanya bisa digunakan satu sampai dua tahun ke depan.

“Untuk itu masyarakat, orang tua murid dan Pemerintah Negeri Ouw sangat mengharapakan perhatian dari Pemerintah Pusat, Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, untuk melihat dan memperhatikan masalah ini,”pintanya. (tab/FM)

Komentar

comments

Click to comment
To Top