TP PKK Malteng Gelar Lomba Edukasi Jelang HARKANAS dan HUT RI – Fajar Malteng
News

TP PKK Malteng Gelar Lomba Edukasi Jelang HARKANAS dan HUT RI

Laporan Kayum Ely
FAJAR MALTENG, MASOHI– Menyongsong peringatan Hari Ikan Nasional ke-4 dan HUT RI Ke-72, Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah menggandeng  Dinas Perikananan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan lomba Mewarnai, menggambar dan Lomba Pidato tingkat sekolah, Sabtu (22/7).
Lomba mewarnai dikhususkan untuk siswa tingkat TK dan PAUD, lomba Menggarmbar untuk siswa tingkat SD dan SMP sedangkan, lomba Pidato, khusus untuk siswa sekolah tingkat SMA.
Pembukaan kegiatan lomba saat itu dilaksanakan di Pandopo Bupati Maluku Tengah dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury.
Wakil bupati mengapresiasi positif ide pelaksanaan kegiatan lomba di saat itu. Ada tiga poin penting yang menjadi penegasan wabup terhadap pelaksanaan krgiatan saat itu. “Kegiatan ini  sangat penting dan bermanfaat dalam menumbuhkan minat, bakat, ketrampilan dan kemampuan anak selaku generasi muda penerus bangsa. Sekaligus untuk merawat rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme, dan, menumbuhkan gerakan makan ikan di kalangan generasi muda bangsa sebagai bagian dari usaha mempersiapkan generasi muda bangsa dalam menyongsong masa depan yang lebih ceria,” tandas Wabup.
“Kegiatan lomba macam ini merupakan wahana yang tepat untuk mengingatkan semua elemem bangsa di Provonsi Maluku tentang pentingnya mengonsumsi ikan sebagai salah satu faktor penting,” sebut wabup.
Wabup yakin bahwa  kegiatan itu mampu memotivasi masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah untuk beralih menu konsumsi dari daging ke konsumsi ikan.
“Banyak manfaat dari mengonsumsi ikan. Sebab,  ikan memiliki kandungam gizi yang lengkap. Mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat . menyehatkan, menguatkan dan mencerdaskan,” singgung wabup.
Wabup optimis bahwa seluruh peserta maupun pendamping peserta dapat menjunjung tinggi semangat  sportivitas dalam lomba.
“Pemahaman bahwa menang dan kalah bukanlah tujuan utama yang ingin dicapai tentu dimiliki oleh peserta maupun pendamping peserta. Sebaliknya, dapat memanfaatkan ajang perlombaan sebagai rangkaian perjalanan dalam mengasah minat, bakat dan ketrampilan untuk menyiapkan diri menggapai cita-cita dan masa depan yang gemilang.
Semangat sportifitas juga menjadi penekanan khusus yang disampaikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Joan Raturandang Leleury kepada para peserta lomba. Terutama kepada para pendamping.
Harapannya, melalui kegiatan lomba, anak – anak pesera lomba dapat  tampil dengan kemampuan terbaik. “Biarkan mereka berkreasi. Anak sejak dini harus diajar berani untuk tampil dan berkreasi dengan kemampuan yang ada,” pesan Joan.
“Bakat terpendam anak bisa terekspose dengan baik bila mereka  memiliki keberanuan dalam berkarya dan berkreasi,” tekannya. (kym/fm)

Komentar

comments

Click to comment
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!