Pasokan Garam di Malteng Masih Tersedia. – Fajar Malteng
News

Pasokan Garam di Malteng Masih Tersedia.

Laporan Tabran Rumoni
FAJAR MALTENG, MASOHI-Kelangkaan garam yang terjadi secara Nasional turut mempengaruhi harga garam di Pasar Binaya, Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Namun kelangkaan yang terjadi tidak mempengaruhi stok kebutuhan garam khususnya di wilayah timur Indonesia.
Wa Soa, salah satu pedagang mengakui harga garam kasar naik pasca kelangkaan dari 165.000 menjadi 200.000 per karung. Sementara harga kiloan dari harga awal 8000 naik 2000 menjadi 10.000 per kilonya.
“ Biasa katong ambe di kapal dengan harga murah. Tapi karena kapal tidak ada katong lalu beli langsung dari Kota Ambon. Sebelum langka Rp. 165.000 per karung tapi karena ada langka jadi kating beli Rp. 200.000 per karung “, Ungkapnya dengan dialek daerah Ambon ketika ditemui, Selasa, (01/08/17).
Menanggapi kelangkaan garam yang terjadi, Kepala Dinas Perindusttrian dan Perdagangan Maluku Tengah, Kace Pattiasina mengatakan, pasca kelangkaan garam secara nasional, pihaknya langsung memantau stok garam dan mengecek harga dilapangan.
“ Kelangkaan garam tidak serta merta mempengaruhi pasokan ke Kabupaten yang dikawatirkan ada pihak pedagang yang memainkan harga. Namun, selama terpantau kenaikan garam dua ribu ribu rupiah masih terbilang wajar “, Katanya.
Pattiasina menjelaskan, kelanbgkaan garam yang terjadi juga tidak akan mempengaruhi harga kebutuhan pokok lainnya. Disperindag Maluku Tengah terus memantau harga kebutuhan pokok baik secara Nasional maupun Lokal. Sementara stok garam masih tersedia di maluku tengah hingga tiga bulan kedepan. (FM/tr).

Komentar

comments

Click to comment
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!